Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 04 Januari 2022

Sinopsis Buku Teknologi Dan Tembakau

formacipress.com


Judul: Teknologi Dan Tembakau: Studi Penerapan Teknologi Pengolahan Tembakau Menjadi Rokok Herbal untuk Ekonomi Kerakyatan

Penulis: Moh. Syafi', Sholeh Kurniandini, Andrian Gandi Wijanarko

ISBN: 978-623-97564-3-7

Cetakan: I, Desember 2021

Tebal: 14 x 21 cm, ix  + 65  Halaman

Diterbitkan: INISNU Temanggung Press

Telepon: (0293) 4962963 / 08562674799

 

Kondisi pertanian tembakau dalam kurun waktu empat tahun terakhir sangat tidak menguntungkan petani di Temanggung khususnya masyarakat desa Losari, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung. Kedua kelompok tani ini telah mengalami kerugian akibat harga tembakau curah yang semakin menurun dan tidak memiliki daya tawar yang tinggi. Melihat hal demikian, peneliti bersama mitra memandang perlu melakukan sebauh inovasi untuk meningkatakan haraga dan daya tawar tembakau dengan cara menjual tembakau dalam bentuk produk rokok herbal menggunakan produk teknologi.

Dengan metode pemberdayaan dalam menerapkan teknologi kepada masyarakat dalam melakukan komunitas pelaku prodsuksi rokok herbal adalah menggunakan metode pendekatan Participatory Action Research (PAR), yaitu kegiatan riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara masyarakat warga dalam komunitas dan melibatkan lingkup sosial yang lebih luas untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif (perubahan kondisi hidup yang lebih baik).

Pendekatan ini dilakukan dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, diseminasi alat dan pendampingan terhadap komunitas. Luaran dari disemniasi ini adalah terbentuknya kelompok usaha produksi rokok keretk herbal. Kedua, keteramilan dan keahlian komunitas dalam mengolah tembakau menjadi rokok herbal sesuai komposisi yang ideal. Ketiga, perubahan pola pikir masyarakat dalam mengolah temabaku menjadi produk inovatif, keempat Penggunaan Bea Cukai tembakau pada produk. Kelima, Hak Paten, keenam, ketujuh, Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kedelapan, Terbentuknya kemitraan antara perguruan tinggi, masyakarat dan pemerintah dalam membangun kemandirian ekonomi.

Buku ini menawarkan temuan baru terkait penerapan teknologi pengolahan tembakau menjadi rokok herbal guna membangun ekonomi kerakyatan pada kelompok usaha bersama Damar Jagad di Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Buku ini merupakan hasil pengabdian berbasis riset yang menemukan bahwa ekonomi kerakyatan dapat dikuatkan melalui kegiatan penerapan teknologi pengolahan tembakau menjadi rokok herbal. Semoga bermanfaat.

formacipress.com / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates