Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 05 Maret 2020

Cara Beli Buku Ekonomi Politik Karya Karmanis, Tri Lestari H dan Karjono

formacipress.com

Judul: Ekonomi Politik
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Pengarang: Karmanis, Tri Lestari H., Karjono
Penyunting: Hamidulloh Ibda
Cetakan: Pertama, Tahun 2020
ISBN: 978-623-7590-47-7
Email: pilarnusapress@gmail.com
Harga: Rp 50.000 (Belum ongkir)


Ekonomi Politik ataukah "Politik Ekonomi".  Ekonomi dan politik adalah dua sistem yang tidak dapat disamakan. Keduanya berjalan sendiri-sendiri sesuai dengan pengertian dan fungsi, dan tujuannya masing-masing. Namun, di dalam perkembangan terbukti bahwa sistem perekonomian dan perpolitikan saling menunjang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, gagasan untuk menjadikan ekonomi politik sebagai sebuah sistem keilmuan banyak bermunculan.

Pada dasarnya, ekonomi politik dijadikan Negara sebagai alat dalam mengatur perekonomian masyarakat. Karena pada masa itu pasar dianggap belum mampu berkembang, sehingga pemerintah dirasa perlu untuk “campur tangan” didalam perekonomian masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pandangan ini ditentang karena dianggap pemerintah (Negara) bukan lagi sebagai agen yang baik untuk mengatur kegiatan ekonomi, tetapi lebih kepada badan yang bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat.

Di Indonesia sendiri, begitu banyak definisi kesimpulan dari realita bangsa yang dapat dijadikan referensi dalam merumuskan peran ekonomi dan politik itu sendiri. Ekonomi adalah system yang merangkul sistem-sistem lainnya. Buktinya adalah ketika terjadi “tragedy” di salah satu sistem Negara saja, maka sistem perekonomian akan ikut menjadi korban. Baik permasalahan yang muncul dari bidang pendidikan, pertahanan Negara, konflik, bencana alam, sampai pada masalah politik suatu Negara akan berpengaruh pada system perekonomian Negara tersebut. 

Sedangkan politik menurut “Indonesia” adalah segala sesuatu dan apapun tiu, dapat dikelola dan dibesarkan dengan politik. Politik dapat masuk ke berbagai hal dan sistem, seperti pendidikan, olahraga, kesehatan, perdagangan, dan lain sebagainya. Tidak ada celah yang menutup ruang untuk mencegah masuknya politik pada sebuah system di Indonesia.

formacipress.com / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates