Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Minggu, 27 September 2020

Sinopsis Buku Bumi Gelisah: Antologi Puisi Mahasiswa PGMI STAINU Temanggung

formacipress.com


Judul: Bumi Gelisah: Antologi Puisi Mahasiswa PGMI STAINU Temanggung

Cetakan I, Juli 2020

Prakata Kaprodi PGMI STAINU Temanggung

Hamidulloh Ibda

Prolog Editor: Farinka Nurrahmah Azizah

Penulis: Mieke Mustika Widiyastuti, Idammatussilmi, Anifatul Latifah, Munawaroh, Yusma Ita

Editor: Farinka Nurrahmah Azizah

ISBN: 978-623-7590-86-6

Penerbit: CV. Pilar Nusantara

Harga: Rp 30.000 (Belumg ongkir)

HP: 081225183113


Aantologi puisi karya mahasiswa-mahasiswi Prodi PGMI STAINU Temanggung ini merupakan buah karya yang kesekilan kalinya. Ya, mahasiswa kami disiapkan untuk menjadi calon guru kelas jenjang MI/SD yang harus memiliki keunggulan kompetitif sekaligus komparatif. Salah satu keunggulan itu yang tertuang di profil lulusan kami adalah unggul dalam bidang literasi pendidikan dasar.

Berdasarkan buku panduan akademik Prodi PGMI STAINU Temanggung 2017, visi Prodi PGMI adalah “Unggul dalam bidang ilmu pendidikan dasar Islam dan teacherprenuership berwawasan Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah pada tahun 2037.” Sedangkan misinya, pertama, menyelenggarakan pendidikan guru MI/SD yang menekankan ilmu-ilmu agama dan umum. Kedua, melaksanakan penelitian dalam bidang metodologi pembelajaran yang berhubungan dengan pendidikan dasar Islam. Ketiga, melaksanakan pengabdian masyarakat yang berhubungan dengan pendidikan dasar Islam. Keempat, mengantarkan calon guru MI/SD menguasi keterampilan ICT/teknologi, informasi, dan komunikasi. Kelima, mengantarkan mahasiswa menjadi calon guru MI/SD yang memiliki bekal wirausaha bidang pendidikan dasar Islam.

Dari dasar itulah, perkuliahan yang kami gelar dan laksanakan berupaya mewujudkannya melalui integrasi mata kuliah berbasis produk. Tidak sekadar teori, konsep, dan penugasan saja, namun diusahakan semua perkuliahan berorientasi pada produk-produk ilmiah. Sebut saja video pembelajaran, media pembelajaran, karya tulis ilmiah, karya tulis jurnalistik, karya sastra, bahkan karya digital yang dapat dijadikan indikator kesuksesan sebuah pembelajaran.

Semua prodi jenjang S1-S3 sudah pasti memiliki gelar dan ijazah asal mereka kuliah dengan benar, dan benar dalam kuliah. Namun, tidak semua prodi itu memberikan skills yang kontinu terhadap penyiapan masa depan mereka. Prodi PGMI STAINU Temanggung sudah membuktikannya sejak sekira tiga tahun lalu.

Terbitnya buku antologi puisi menjadi spirit bagi mahasiswa jenjang S1 untuk terus berkarya, karena usia karya yang kita tulis dijamin lebih abadi dan lebih lama daripada usia penulis itu sendiri. Pesan ini penting karena era sekarang dukungan terhadap kegiatan literasi mulai bergema di berbagai lembaga pendidikan. Selain kompetensi, karakter dan literasi sangat penting untuk memajukan bangsa ini. Buku ini menjadi bukti bahwa mahasiswa PGMI STAINU Temanggung sudah literat.

formacipress.com / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates