Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Kamis, 05 Maret 2020

Cara Beli Buku Guru Mulia Lewat Karya: Bunga Rampai Artikel Workshop LKTI Yayasan Jamaah Pasrah dan Kemenag

formacipress.com

Judul: Guru Mulia Lewat Karya: Bunga Rampai Artikel Workshop LKTI Yayasan Jamaah Pasrah dan Kemenag
ISBN: 978-623-7590-41-5
Cetakan: I, Januari 2020
Tebal: 13 x 19 cm,  xiii + 102  Halaman
Prakata: Ketua Yayasan Jamaah Pasrah
Tim Penulis:
Ulfah Hidayati, dkk
Penyunting: Hamidulloh Ibda & Junaidi Abdul Munif
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Sebagai salah satu pegiat literasi, kami bersyukur diundang Yayasan Jamaah Pasrah dan Kemenag yang mengagendakan Workshop Penulis Karya Tulis Ilmiah untuk guru dan tenaga kependidikan di wilayah Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kami tidak terlalu banyak menyampaikan materi saat pelatihan, hanya beberapa poin dan selebihnya kami mengajak para peserta untuk menulis artikel ilmiah yang alhamdulillah sudah terbukukan seperti yang di tangan Anda ini.

Salah satu materi yang kami sampaikan adalah teknik penulisan karya tulis ilmiah. Secara teoresti, karya ilmiah merupakan karya penelitian berbasis ilmiah, bukan asumsi. Ciri-ciri keilmiahannya bisa dilihat dari teori dan metode penelitian. Teori merupakan pendapat dari para pakar keilmuan yang telah diakuai secara luas. Sedangkan metode penelitian adalah cara untuk melakukan penelitian sehingga hasilnya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Sedangkan tahapan dari proses penelitian untuk karya ilmiah terdiri atas beberapa poin. Pertama, menemukan permasalahan. Permasalahan atau masalah merupakan kondisi di mana kenyataan/realitas tidak sesuai dengan harapan. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Tugas peneliti adalah mencari faktor permasalahan/penyebab masalah dan mencari solusi dari permasalahan itu. Masalah juga dapat berarti kondisi dari realita atau kenyataan yang ada. Masalah dapat diklasifikasi bebagai berikut; a) Masalah yang negatif: kenyataan tidak sesuai dengan idealitas, b) Masalah yang positif: kenyataan sesuai, bahkan melampaui idealitas.

Kedua, merumuskan rumusan masalah. Setelah ditemukan permasalahan, maka selanjutnya adalah merumuskan rumusan masalah. Rumusan masalah berfungsi sebagai batasan dari permasalahan atau lingkup masalah yang akan diteliti. Menentukan rumusan masalah adalah dengan kalimat pertanyaan. Pertanyaan ini tidak boleh menggunakan kata Apa. Sebaiknya rumusan masalah menggunakan kata tanya bagaimana, mengapa. Ketiga, mencari penelitian yang relevan. Kata bijak menyatakan bahwa “tidak ada yang baru di bawah kolong langit”. Maka sebuah penelitian sejatinya adalah melengkapi penelitian selanjutnya. Untuk itu seorang peneliti harus mencari penelitian yang sejenis, baik tema, lokasi, jenis, dan pendekatannya. 

Dari penelitian yang relevan itu, peneliti bisa menentukan posisi penelitian yang akan dilakukannya. Posisi penelitian bisa meliputi: a) membuktikan teori; adalah penelitian untuk membuktikan teori atau penelitian yang pernah dilakukan. Apakah hasilnya sama atau tidak, b) menyanggah teori yang telah ada. Jika hasilnya tidak sama, berarti penelitian adalah menyanggah teori yang telah ada, c) melengkapi teori yang sudah ada. Penelitian sebelumnya belum menangkap faktor atau variabel yang telah ada. Penelitian terbaru melengkapi faktor dan variabel yang telah ada, d) menemukan teori baru. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan teori baru atau pendapat baru. Penelitian ini berupaya menyingkap keterkaitan antar faktor atau antar-variabel yang belum pernah diteliti sebelumnya.

Ketiga, memilih pendekatan penelitian. Tahap selanjutnya adalah menentukan pendekatan penelitian. Pendekatan penelitian secara umum dapat dibagi menjadi tiga; kuantitatif, kualitatif, dan riset dan pengembangan (R and D).  Keempat, menentukan sumber data. Setelah ditentukan jenis dan pendekatan penelitian, maka tahap selanjutnya adalah menentukan sumber data. Sumber data antara penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R and D berbeda. Kelima, menuliskan kesimpulan (simpulan). Kesimpulan adalah hasil analisis data dan harus sesuai rumusan masalah. Melakukan penelitian dengan baik tidak semudah membalikkan telapak tangan. Muncul kendala dan masalah. Masalah-masalah umum dalam penulisan karya tulis ilmiah.

formacipress.com / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates