Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 02 Maret 2019

Sejarah dan Legenda Desa di Temanggung, Magelang, dan Semarang

Formaci Press

Judul: Sejarah dan Legenda Desa di Temanggung, Magelang, dan Semarang
ISBN: 978-602-53552-7-1
Cetakan: I, Januari 2019
Tebal: 21 x 14 cm,  xiv + 301  Halaman
Prakata Kaprodi PAI: Luluk Ifadah, S.Pd.I., M.S.I.
Penulis: Nurul Hidayah, dkk
Editor: Hamidulloh Ibda, M.Pd.
Desain Sampul: Wahyu Egi Widayat
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Harga: Rp. 75.000 (Belum Ongkir)
HP: 08562674799

Desa, menjadi salah satu bagian dari sebuah bangsa dan negara. Selain provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa dan dusun menjadi elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam buku ini, penulis tidak terlalu banyak berteori yang rumit.

Buku ini sangat berharga sekali. Di dalam buku, ada tiga kabupaten yang diambil, sesuai dengan lokasi atau domisili kami, yaitu Temanggung, Magelang, dan Semarang. Dari ketiga tempat itu, ada beberapa desa, dusun, atau kampung yang kami teliti, ulas, dan kami kaji sehingga tertulislah dalam sebuah artikel ilmiah berbasis riset lapangan. Dalam proses mencari data, informasi, dan foto atau gambar, kami menemukan berbagai pengalaman yang tidak kami dapatkan di kampus. Ada banyak hal baru, atau baru kami ketahui tentang sejarah atau legenda di desa kami.

Buku ini berawal dari permasalahan di lapangan. Mulai dari minimnya literatur tentang desa berupa buku, kemudian pemahaman sejarah atau legenda desa yang masih simpang siur dan masih berbasis literatur oral, atau cerita dari mulut ke mulut, dan beberapa masalah lain di lapangan. Untuk itu, kami bersyukur dapat membukukan riset kecil kami meski sederhana namun dampaknya luar biasa.

Desa, dusun, atau kampung, ternyata setelah kami riset memiliki jutaan potensi yang tidak tergarap. Contohkan saja tradisi atau budaya, kemudian cagar alam, makam, sendang, dan berbagai objek wisata yang sebenarnya sangat berpotensi untuk mengglobalkan desa. Artinya, desa itu kaya, desa itu surga, dan desa punya segalanya. Jika ke depan ada riset lagi, penulis harap bisa menyentuh dan memaksimalkan potensi desa itu.

Penulis mengucapkan terima kasih juga kepada narasumber, baik itu kepala desa, kepala dusun, RW/RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya yang mendukung kami dalam mencari data. Ucapan terima kasih kami ucapkan pula kepada Kaprodi PAI dan jajarannya, Ketua STAINU Temanggung dan semua civitas akademika STAINU Temanggung. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua.

Formaci Press / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates