Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Minggu, 23 Desember 2018

Sinopsis KUCERMA (Kumpulan Cerita Pendek Mahasiswa PGSD UNW Tahun Ajaran 2017-2018)

Formaci Press

Judul: KUCERMA (Kumpulan Cerita Pendek Mahasiswa PGSD UNW Tahun Ajaran 2017-2018)
ISBN: 978-602-53552-1-9
Cetakan: I, Desember 2018
Tebal: 21 x 14 cm,  ix + 130 Halaman
Penulis: Adi Setiawan, Dkk
Penyunting: Anni Malihatul Hawa, M.Pd.
Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara
Telepon: (024) 76423442 / 08562674799
Harga: Rp. 50.000 (belum termasuk ongkir)

Dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kami telah dapat menyusun buku antologi cerpen dengan judul KUCERMA (Kumpulan Cerita Pendek Mahasiswa) PGSD UNW tahun ajaran 2017/2018 yang merupakan karya dari perwakilan mahasiswa yaitu mahasiswa angkatan pertama PGSD Universitas Ngudi Waluyo. Buku Antologi Puisi ini merupakan output dari pengabdian mandiri kami dosen-dosen PGSD Universitas Ngudi Waluyo.

Buku antologi cerpen ini terdiri atas 13 karya cerpen. Pengenalan cerpen serta pembiasaan untuk menulis merupakan bagian dari program pemerintah yang disebut dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Menurut Permendikbud No. 23 Tahun 2015 “Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan menumbuhkan budaya menulis peserta didik sehingga meningkatkan keterampilan menulis peserta didik”.

Dalam gerakan ini karena nantinya mahasiswa PGSD menjadi calon guru yang bisa menjadi contoh dalam mengajar peserta didik maka kami biasakan dan aktif dalam hal menulis khususnya yakni menulis cerpen.

Dengan persaingan kompetensi literasi antarnegara maka gerakan literasi perlu ditingkatkan demi terwujudnya kemajuan pendidikan Indonesia, melalui literasi menulis cerpen ini diharapkan PGSD dapat menghasilkan karya-karya cerpen mahasiswa yang dapat dikumpulkan dalam satu buku KUCERMA atau menampilkan cerpen tersebut dalam majalah dinding PGSD.  Mahasiswa dapat merasakan manfaat yang lebih besar lagi dengan adanya kegiatan menulis cerpen ini. Melalui kegiatan tim PkM ini, budaya literasi menulis cerpen di PGSD UNW ini dapat terbentuk di kalangan mahasiswa karena mereka sudah mengetahui pengertian cerpen dan teknik penulisan cerpen sehingga dapat menyalurkan ide dan gagasan melalui cerpen. Mereka juga akan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia melalui penulisan cerpen ini.

Buku ini merupakan buku pertama yang kami terbitkan. Buku ini sangat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa ini.

Formaci Press / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates