Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Jumat, 17 November 2017

Sinopsis Buku Pendidikan Akhlak Kontekstual

Formaci Press
Judul: Pendidikan Akhlak Kontekstual
Prakata: KH. Drs. Mas’ud Masduqi
Penulis: Husna Nashihin, M.Pd.I.
Editor: Khamim Saifuddin, M.Pd.I
ISBN: 978-602-50465-5-1
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
Cetakan: I, November 2017
Tebal: xi + 200 Halaman
Harga: Rp 45.000 (belum termasuk ongkir)
CP: (024) 76423442 / 085740145329

Buku “Pendidikan Akhlak Kontekstual” ini hadir sebagai salah satu bagian penting dari pengembangan strategi pembelajaran di dalam pendidikan akhlak. Di sini, ada banyak strategi pembelajaran yang relevan untuk dikembangkan dalam pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak kontekstual merupakan pola pengembangan pendidikan akhlak dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL).

Buku ini hadir sebagai penyemangat baru terhadap pengkajian pendidikan akhlak yang saat ini semakin tergantikan dengan pendidikan karakter. Pendidikan akhlak yang sudah hadir sejak lama dalam dunia pendidikan Indonesia urgen untuk dikembangkan karena memiliki kekayaan pengetahuan empiris yang relevan dengan kearifan budaya lokal di Indonesia. Salah satu metode pengembangan pendidikan akhlak dapat dilakukan dengan pengembangan strategi yang digunakan di dalamnya. Kehadiran pendidikan akhlak kontekstual dalam buku ini diharapkan mampu mengaitkan penyampaikan materi dalam pendidikan akhlak dengan kondisi nyata siswa.

Secara praktis, buku ini hadir juga sebagai penyeimbang pendidikan karakter yang sudah digalakkan oleh pemerintah. Kebijakan ini membuat pengkajian konsep pendidikan karakter semakin malangit dan sebaliknya, pendidikan akhlak yang sudah lama berjalan di Indonesia semakin redup. Alih bahasa ini dimaknai oleh penulis memiliki kesamaan etimologis secara subastansial. Sebagai contohnya, nilai akhlak yang dulu berlaku mengalami alih bahasa menjadi nilai karakter yang apabila diredefinisikan ulang akan memiliki kesamaan juga.

Hal yang menjadi ironis, tatkala sudah banyak lembaga pendidikan yang melaksanakan pendidikan akhlak dengan berbagai macam strategi dan metode pengembangan yang bervariasi, saat ini tidak dikaji lebih mendalam dalam pengembangan pendidikan karakter. Sebagai contohnya pondok pesantren yang sudah melaksanakan pendidikan akhlakul karimah sejak awal kemunculannya dengan model pembiasaan.

Penyusunan buku ini tidak hanya menyajikan analisis penulis dari hasil literasi belaka, akan tetapi validasi berupa data lapangan juga dilakukan. Validasi data lapangan dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Yogayakarta yang sudah menerapkan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran akhlaknya.

Formaci Press / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates