Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Rabu, 11 Oktober 2017

Husna Nashihin, M.Pd.I.

Formaci Press
Husna Nashihin, M.Pd.I. lahir di Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Dusun Siwil, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Dia putra dari Bapak KH. Basri, BA, yang pernah menjabat Rois Syuriah NU MWC Ngaglik dan Ibu Umi Rodhiyah. Pria yang akrab dipanggil Husna ini sejak kecil menamatkan pendidikannya, baik formal maupun non-formal di Yogyakarta.

Baca juga: Sinopsis Buku Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren karya Husna Nashihin

Pendidikan formal strata satu S1 diselesaikan di Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga dengan predikat cumlaude. Pendidikan strata dua S2 juga diselesaikan di Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Prodi PI dengan predikat cumlaude terbaik tercepat.

Selama menempuh kuliah, Husna aktif mengikuti kegiatan seminar dan juga penelitian. Penelitian terakhir sebagai asisten peneliti salah satu dosen manajemen pendidikan Pasca Sarjana yang juga merupakan pengembangan dari makalah manajemen pendidikan yang berjudul Feasibilitas Pendidikan di Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Adapun pendidikan non-formal ditempuh semenjak duduk di bangku sekolah dasar melalui pendidikan pondok pesantren, antara lain di PP. Irsyadul Anam, PP.Naqsyabandie, PP.  Al-Hikmah dan MAKN I Yogyakarta yang sekarang menjadi PP. Al-Hakim. Semenjak menempuh kuliah S1-nya, Husna mulai fokus membangun dunia wiraswasta dibidang produksi dan juga distribusi makanan tradisional yang diberi merk Bu Umi Rodhiyah yang tidak lain adalah ibu kandungnya. Sampai sekarang usaha tersebut sudah memiliki pasaran di DIY dan sebagian Jateng.

Penulis juga aktif di dalam organisasi antara lain; Pengurus NU Ranting Sukoharjo, PAC Ansor Ngaglik, Ansor Ranting Sukoharjo, Grup Musik Sekar Sholawat, Karangtaruna Sukoharjo, dan organisasi kemasyarakatan lain di lingkungan penulis. Penulis juga aktif mengurusi Rumah Tahfidz dan TKA-TPA Al-Falah di Minomartani, serta TKA-TPA Nurul Ilmi yang sekarang juga dalam proses pendirian rumah tahfidznya.

Dalam mengaktualisasikan keilmuannya, Husna telah berhasil membuat beberapa karya tulis baik berupak buku, jurnal, maupun hasil penelitian, antara lain; Klasterisasi Gaya Belajar Visual, Audio, Kinestetik (VAK) Howard Gardner, Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Akhlak di SMP Muhammadiyah I Depok, Refleksi Atas Budaya Pesantren di Pondok Pesantren Zuhriyah, Feasibilitas Pendidikan Berdasarkan Rumus Cost and Benefit (CB), serta Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren yang sekarang ini Alhamdulillah berhasil diterbitkan.
Pengalaman sebagai pendidik selama menjalani kuliah strata 1 dan 2, antara lain di SD Muhammadiyah Sapen sebgai guru intensif iqro, Vocational High School (VHS) Budi Mulia Dua sebagai guru Universalisme Islam, dan SDN karangmloko 2 sebagai Guru Agama Islam.

Baca juga: Cara Membeli Buku Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren

Kemudian, penulis usai berhasil menempuh strata 2 mengajar sebagai dosen di STAIMS Masjid Syuhada Yogyakarta, STITMA Madani Yogyakarta, dan di STAINU Temanggung. Penulis juga berhasil mendirikan lembaga pendidikan PAUD Azhar Amana (AA) di Dusun Nglaban Jalan Kaliurang, bimbingan les alat musik drum yang dikembangkan sesuai hobinya bermain drum, serta lembaga privat Iqro dan Al-Qur’an yang sudah berdiri sejak masih kuliah.

Semoga karya buku ini bisa berkontribusi secara teoretis maupun praktis bagi perkembangan pendidikan karakter di Indonesia serta menambah literasi bagi pemerhati pendidikan karakter. (*)

Formaci Press / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates