Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 29 April 2017

Sinopsis Buku Media Kartu Sekolah Dasar

Formaci Press


Judul                        : Media Kartu Sekolah Dasar
Penerbit                   : Formaci
Pengarang                : Sumardjan, S.Pd., M.M.Pd
Editor                       : Hamidulloh Ibda, M.Pd
ISBN                       : 978-602-61554-2-9
Cetakan                   :Pertama 2017
Tebal Halaman         : xi + 100, 14 cm x 21 cm
Harga                      : Rp.50.000, - (belum termasuk ongkir)

Pembelajaran di sekolah dasar (SD) tidak akan sukses tanpa adanya media. Oleh karena itu, guru harus terus mengembangkan media pembelajaran dengan berinovasi melakukan penelitian dan kegiatan empirik untuk menemukan media baru. Dalam buku ini, tidak hanya kajian teoretis, namun juga berdasarkan penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan.

Media kartu, berdasarkan penelitian yang sudah penulis lakukan, terbukti sudah mampu meningkatkan keterampilan membaca peta di SD. Kegiatan tersebut merupakan salah satu  bidang garapan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang memegang peranan penting dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar agar siswa mampu melihat kenyataan sosial yang mungkin dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Pemilihan strategi dan pendekatan yang tepat dan sesuai kebutuhan zaman dalam pembelajaran merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru-guru SD. Hal tersebut agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat mencapai sasaran. Berdasarkan kenyataan yang sering dihadapi penulis, diketahui bahwa kemampuan membaca pada siswa di SD masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah adanya persepsi siswa yang selama ini menganggap bahwa pembelajaran membaca itu sulit, teknik yang digunakan guru belum mampu menggairahkan siswa, serta materi itu sendiri merupakan materi baru bagi siswa.

Permasalahan yang dihadapi para siswa pada pembelajaran membaca ini, antara lain adalah bagaimana permainan pemilahan kartu sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca peta pada siswa SD, melalui teknik permainan pemilahan kartu, dan memaparkan perubahan-perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran ini. Namun ketika menggunakan media kartu, mereka terlihat senang dan kreatif bahkan terjadi kompetisi yang positif dalam pencapaian kemampuan antar siswa.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik permainan pemilahan kartu dapat meningkatkan perilaku positif siswa dan dapat mengubah perilaku negatif menjadi perilaku yang positif yang selanjutnya meningkatkan kemampuan siswa yang ditunjukkan dengan prestasi yang baik pula. Oleh karena itu, perlu ditegaskan bahwa media kartu sangat penting sebagai salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan di jenjang SD.  (Redaksi/Dimas).

Untuk pemesanan buku, silakan hubungi marketing Penerbit Formasi: 085740145329, 082240052998.

Formaci Press / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Coprights @ 2017 Blogger Templates